1.
Pengertian dari mesin empat tak berikut ini
adalah
a.
Mesin yang mempunyai empat komponen utama
b.
Mesin yang bekarja dengan empat langkah yaitu :
hisap,kompresi, usaha dan buang
c.
Mesin yang dapat bekerja dengan empat macam
bahan bakar
d.
Mesin yang mempunyai empat roda, yaitu dua roda
depan dan dua roda belakang
e.
Mesin yang mempunyai empat karburator
2.
Katup masuk terbuka katup buang tertutup
pernyataan ini menunjukan langkah yang terjadi pada mesin empat tak
a.
Langkah hisap
b.
Langkah kompresi
c.
Langkah usaha
d.
Langkah buang
e.
Langkah usaha dan buang
3.
Terjadi pada langkah apakah pada mesin empat tak
Kedua katup dalam keadaan tertutup ?
a.
Langkah hisap dan kompresi
b.
Langkah kompresi dan usaha
c.
Langkah usaha dan buang
d.
Langkah buang dan hisap
e.
Langkah hisap dan kompresi
4.
Terjadi pada langkah apakah pada mesin empat tak
Kedua katup dalam keadaan terbuka ?
a.
Langkah hisap dan kompresi
b.
Langkah kompresi dan usaha
c.
Langkah usaha dan buang
d.
Langkah buang dan hisap
e.
Langkah hisap dan kompresi
5.
Kejadian
menyebabkan masuknya campuran bahan bakar dan udara dari karburator
menuju ruang bakar Pada saat langkah
hisap adalah
a.
Kompresi pertama diruang bakar
b.
Kompresi kedua diruang bakar
c.
Kompresi diruang bakar
d.
Kevacuman diruang bakar
e.
Pengapian diruang bakar
6.
Komponen mesin empat tak yang menyimpan
sementara tenaga mesin adalah
a.
Piston
b.
Connecting rod
c.
Poros engkol
d.
Rocker arm
e.
cam
7.
Komponen berikut mempunyai fungsi meneruskan
tenaga dari piston ke poros engkol
a.
Piston
b.
Connecting rod
c.
Poros engkol
d.
Rocker arm
e.
cam
8.
Yang menyebabkan campuran bahan bakar menjadi
panas dan mudah terbakar yaitu pada langkah
a.
Langkah hisap
b.
Langkah kompresi
c.
Langkah usaha
d.
Langkah buang
e.
Langkah usaha dan buang
9.
Pada langkah buang sisa bahan bakar keluar katup
masuk tertutup dan katup buang terbuka, yang menyebabkan keluarnya sisa bahan
bakar keluar adalah akibat dari
a.
gerakan rocker arm
b.
putaran poros engkol
c.
gerakan conecting rod
d.
dorongan piston
e.
akibat tekanan push rod
10.
pada saat langkah kompresi gerakan piston pada
mesin empat tak adalah :
a.
bergerak dari atas ke bawah
b.
bergerak dari bawah ke atas
c.
bergerak dari kiri ke kanan
d.
bergerak dari kanan ke kiri
e.
gerakannya tak beraturan
11.
ukuran celah busi pada sepeda motor adalah :
a.0,6-0,7 mm b. 0,7-0,8 mm c. 0,8- 0,9mm d. 0,9-1 mm
e. 0,5-0,6 mm
12.
yang dimaksud dengan diagram timing valve
a.
menggambarkan saat katup masuk dan katup buang
terbuka dan tertutup dalam derajat poros engkol
b.
menggambarkan lamanya katup masuk tertutup
c.
Menggambarkan lamanya katup buang tertutup
d.
Menggambarkan saat katup masuk dan katup buang
tertutup dalam putaran poros engkol
e.
Menggambarkan lamanya poros engkol berputar
13.
lamanya katup masuk terbuka pada mesin empat tak
dapat dihitung dalam derajat poros engkol adalah :
a.
sudut katup masuk terbuka sebelum TMA+ sudut
dari TMA ke TMB + sebelum TMB sudut
katup masuk tertutup
b.
sudut katup buang terbuka setelah TMA+ sudut
dari TMA ke TMB + sebelum TMB sudut katup buang tertutup
c.
sudut katup masuk terbuka setelah TMA+ sudut
dari TMA ke TMB + setelah TMB sudut
katup masuk tertutup
d.
sudut katup masuk terbuka sebelum TMA+ sudut
dari TMA ke TMB + setelah TMB sudut
katup masuk tertutup
e.
sudut katup masuk terbuka sebelum TMA+ sudut
dari TMA ke TMB + sesudah TMB sudut
katup masuk tertutup
14.
waktu yang dibutuhkan untuk membakar habis
campuran bahan bakar dan udara pada bahan bakar bensin adalah :
a.
1/200 detik
b.
1/300 detik
c.
1/400 detik
d.
1/600 detik
e.
1/800 detik
15.
jika pada sepeda motor pada saat putaran mesin
2400 rpm, maka seharusnya pengapian terjadi berapa derajat sebelum TMA
a.
6
b.
9
c.
12
d.
18
e.
24
16.
kalau kita ukur ternyata lamanya katup terbuka
dari bentuk cam adalah separuh dari derajat putaran poros engkol hal ini
menunjukan bahwa
a.
poros engkol berputar sekali poros cam berputar
dua kali
b.
poros engkol berputar dua kali cam berputar
sekali
c.
poros engkol berputar dua kali cam berputar tiga
kali
d.
poros engkol berputar tiga kali cam berputar dua
kali
e.
kadang poros engkol berputar tiga kali cam
berputar dua kali atau tiga kali
17.
lamanya katup buang terbuka pada mesin empat tak dapat dihitung
a.
sudut katup masuk terbuka sebelum TMA+ sudut
dari TMA ke TMB + sebelum TMB sudut katup
masuk tertutup
b.
sudut katup buang terbuka setelah TMA+ sudut
dari TMA ke TMB + sebelum TMB sudut katup buang tertutup
c.
sudut katup masuk terbuka setelah TMB+ sudut
dari TMB ke TMA + setelah TMB sudut
katup masuk tertutup
d.
terbuka sebelum TMA+ sudut dari TMA ke TMB + setelah TMB sudut katup sudut katup masuk masuk
tertutup
e.
sudut katup buang terbuka sebelum TMB+ sudut dari TMB ke TMA
+ sesudah TMA sudut katup buang tertutup
18.
kedua
katup yaitu katup masuk dan katup buang terbuka dalam waktu yang bersamaan hal
ini terjadi saat langkah
a.
Hisap dan kompresi
b.
Kompresi dan usaha
c.
Usaha dan buang
d.
Buang dan hisap
e.
Hisap dan usaha
19.
istilah
yang digunakan saat katup masuk dan katup buang terbuka secara bersamaan adalah
:
a.
Overlaping
b. over head c. overhaul d. overheat e. oversize
20.
Alat berikut digunakan sebagai alat untuk
mencampur bahan bakar dan udara dalam bentuk kabut
a.
Baterai
b. CDI c. busi d. karburator e. regulator
21.
Perbandingan campuran bahan bakar dan udara pada
saat di choke adalah
a.
1:2-3
b. 1:6-8 c. 1:12-13 d. 1: 15-17 e. bahan bakar semua
22.
Komponen karburator yang berfungsi mengatur
ketinggian bahan bakar mangkok bensin adalah
a.
Katup jarum b. pelampung c.
katup skep d. jarum skep e. pilot jet
23.
Kegunaan pilot jet pada karburator adalah
a.
Menyalurkan bahan bakar keruang bakar saat di
choke
b.
Menyalurkan bahan bakar keruang bakar saat
putaran tinggi
c.
Menyalurkan bahan bakar saat mesin mengalami
percepatan
d.
Menyalurkan bahan bakar keruang bakar saat
putaran rendah
e.
Menyalurkan bahan bakar disemua kecepatan
24.
Katup skep pada gambar diatas terdapat pada
nomor
a.
1
b. 2 c. 3 d.
4 e. 5
25.
Sedang filter bahan bakar pada gambar diatas ditunjukan
oleh nomor
a.
5
b. 6 c. 7 d. 8
e. 9
26.
Fungsi
main jet dari karburator adalah
a.
Menyalurkan bahan bakar keruang bakar saat di
choke
b.
Mengatur jumlah
bahan bakar keruang bakar saat putaran tinggi
c.
Menyalurkan bahan bakar saat mesin mengalami
percepatan
d.
Mengatur jumlah
bahan bakar keruang bakar saat putaran rendah
e.
Menyalurkan bahan bakar menuju ruang bakar saat putaran tinggi
27.
Fungsi jarum skep pada karburator adalah …
a.
Menyalurkan bahan bakar keruang bakar saat di
choke
b.
Mengatur jumlah
bahan bakar keruang bakar saat putaran tinggi
c.
Menyalurkan bahan bakar saat mesin mengalami
percepatan
d.
Mengatur jumlah
bahan bakar keruang bakar saat putaran rendah
e.
Menyalurkan bahan bakar menuju ruang bakar saat putaran tinggi
28.
Tempat dimana bahan bakar dan udara bercampur
dan terjadi pengabutan adalah
a.
Ruang pelampung b. ruang bakar c. venturi d. intake manifold e. air horn
29.
Untuk mendapatkan campuran kaya pada saat mesin
dalam keadaan dingin kita menggunakan
a.
Katup gas
b. katup choke c. air
screw d. pilot screw d. main jet
30.
Fungsi katup jarum pada karburator adalah
a.
Menutup saluran suplai bahan bakar dari tangki
bila bahan bakar dalam ruang pelampung karburator telah penuh.
b.
Menutup saluran suplai udara dari tangki bila
bahan bakar dalam ruang pelampung karburator telah penuh
c.
Menutup saluran suplai campuran bahan bakar dari
tangki bila bahan bakar dalam ruang pelampung karburator telah penuh
d.
Menutup tangki bila bahan bakar dalam ruang pelampung
karburator telah penuh
e.
Mensuplai bahan bakar dari tangki bila bahan
bakar dalam ruang pelampung
31. alat
yang berfungsi mengembalikan katup skep pada posisi semula adalah
a.
pegas
b. jarum skep c. main jet d. pelampung e. pilot jet
32. pada
saat service karburator hal yang dilakukan kecuali
a.
membersihkan komponen komponen karburator
b.
memeriksa ketinggian pelampung
c.
memeriksa katup jarum
d.
memeriksa fungsi kamponen
e.
memperbesar main jet
33. metode
menggerakan mekanisma katup menggunakan timing gear berikut perbandingan
putaran drive gear dengan driven gear adalah
:
34.
sedangkan perbandingan jumlah gigi pada drive
gear dan driven gear adalah
a.1 : 1
b. 1 : 2 c. 1 : 3
d. 2 : 1 e. 3 : 1
a.
Menggerakan poros engkol
b.
Menggerakan katup masuk
c.
Menggerakan katup buang
d.
Menghubungkan putaran drive sprocket dengan
drven sprocket
e.
Menggerakan poros cam
a.
Menggerakan poros engkol
b.
Menggerakan katup masuk
c.
Menggerakan katup buang
d.
Menghubungkan putaran drive sprocket dengan
drven sprocket
e.
Menggerakan poros cam
a.
Cam timing pulley
b.
Timing belt
c.
Cam shaft timing pulley
d.
Crankshaft
e.
Timing belt idler pulley
a.
Cam timing pulley
b.
Timing belt
c.
Cam shaft timing pulley
d.
Crankshaft
e.
Timing belt idler pulley
39.
Fungsi timing belt idler pulley pada
mekanismakatup yang menggunakan timing belt adalah :
a.
Memutar belt
b.
Merupakan penegang belt
c.
Menahan putaran pulley
d.
Memutar drive pulley
e.
Memutar driven pulley
40.
Berikut ini tekanan ban depan dan tekanan ban
belakang sepeda motor sesuai dengan
standar pabrik.
a.
20, 24 Psi
b. 23, 27 Psi c. 25, 29
Psi d. 27, 31 Psi e. 29, 34 Psi
Latihan Soal Mesin 2 tak 4 tak
Latihan Soal Mesin 4 tak 2 tak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar