MATA PELAJARAN Ketrampilan Dasar Teknik
Otomotif
KOPETENSI DASAR
Menggunakan
peralatan dan perlengkapan perbaikan
HAND TOOLS DAN
PENERAPANNYA
SETELAH SELESAI
PEMBELAJARAN MODUL
INI TANPA BANTUAN
GURU/INSTRUKTUR
PARA PESERTA
DIKLAT DIHARAPKAN
- Peralatan dan perlengkapan yang dapat digunakan dipilih untuk memenuhi persyaratan pekerjaan.
- Peralatan dan perlengkapan digunakan sesuai dengan prosedurprosedur untuk mendapatkanhasil yang diinginkan.
- Peralatan dan perlengkapan yang sesuai diguna kan untuk mencegah kecelakaan terhadap diri sendiri, orang lain dan kerusakan hasil pekerjaan
DI DALAM BENGKEL
OTOMOTIF ATAUPUN BENGKEL KERJA BANGKU DIKENAL ADA DUA JENIS ALAT BANTU KERJA
YAITU
1. ALAT TANGAN
Hand Tools
Alat tangan
adalah alat bantu kerja yang penggunaannya
selalu
menggunakan tenaga tangan manusia
2. ALAT MESIN
ATAU ALAT TENAGA
Machine Tools or
Power Tools
Alat mesin / alat
tenaga adalah alat bantu kerja yang penggunaannya selalu menggunakan tenaga
mesin
ALAT TANGAN /
Hand Tools
1. Kunci pas
(open end wrench)
Kunci pas dibuat
dari bahan baja tensil tinggi yaitu logam paduan Chrome Vanadium, kunci ini
mempunyai tangkai (shank ) dengan kepala di masing-masing ujung yang membuat
sudut 150 terhadap tangkainya
FUNGSI KUNCI PAS
Kunci pas dibuat
untuk mengencangkan dan melepas baut dan mur yang tidak terlalu kuat momen
pengencangannya atau kepala baut dan mur yang telah dilonggarkan dengan kunci
ring. Kunci pas dapat
juga digunkan untuk membuka mur/kepala baut dengan posisi pemasangan yang
tersembunyi atau terhalang oleh bentuk konstruksi
MACAM MACAM KUNCI
PAS
Kunci Pas
Tunggal : kunci pas yang mempunyai diameter dalam pada
salah satu sisi saja.
Kunci Pas
Ganda : kunci pas yang mempunyai
diameter dalam berbeda pada masing-masing sisi.
Sedangkan
Kunci Pas
Kembar : kedua diameter dalam kunci pas tersebut
adalah sama besar.
Contoh Penggunaan
Kunci Pas
Sudut kepala baut
rusak
Kunci Pas
Crowfoot
Kunci pas
crowfoot digunakan untuk melonggarkan atau mengencangkan mur atau baut yang
tidak dapat dicapai oleh kunci pas biasa.
Kunci sumbat
pembuangan digunakan untuk mengendorkan dan mengencangkan sumbat pembuangan
yang terdapat pada engine,transmisi dan penggerak akhir
2. Kunci Ring
(Box Wrench)
Kunci ring untuk
melepaskan mur dan baut bila
memungkinkan.
Batang (shank) yang menyudut memungkinkan anda menggunakan kunci untuk melepas
dan mengencangkan bila ruang/celahnya ada.
MACAM MACAM KUNCI
RING
Kunci
Ring Standar
Kunci
Ring Dwarf
Kunci Ring
Lengkung
Kunci Ring Dwarf
: digunakan pada ruang yang lebih sempit di mana kunci ring standar terlalu
panjang atau terlalu tebal sewaktu
digunakan pada baut atau mur
Kunci Ring
Lengkung digunakan untuk mecapai komponen yang baut atau murnya akan
dikencangkan atau dikendorkan, misalnya digunakan untuk mengencangkan baut
motor starter
3. Kunci
Kombinasi (combination wrench)
Kunci kombinasi
merupakan gabungan dari kunci pas dengan kunci ring pada masing-masing ujung
dalam ukuran yang sama
Jenis ini dikenal
dengan kunci pas “kombinasi”. Ukurannya dicap atau dicap timbul pada tangkainya
berkisa antara 6 mm sampai dengan 32 mm
4. Kunci Soket
(Socket Wrench)
Soket adalah alat
berbentuk silinder yang dibuat dari baja tensil tinggi atau sejenis logam
paduan yaitu chrome vanadium dan untuk memperbaiki penampilannya dilapisi
dengan nikel.
Satu ujung soket
mempunyai dudukan segi empat, dan ujung lainnya mempunyai dimensi hexagonal
(seperti kunci
ring) untuk
digunakan pada mur atau baut
KARAKTER KUNCI
SOK
Kunci sok adalah
jenis kunci yang paling baik digunakan untuk melepas komponen dari kendaraan
bermotor.
Kunci ini akan
pas pada baut hampir pada seluruh tempat pada kendaraan
KELEMAHAN DAN
KELEBIHAN KUNCI SOK
1. Kelemahan
kunci pas dan kunci ring adalah sulit menjangkau baut
dan mur yang
berada pada posisi tersembunyi
Dengan kunci sok
yang dilengkapi dengan batang penyambung
(extention),
masalah ini dapat terpecahkan.
2. Dibandingkan dengan kunci pas dan kunci ring,
kunci soket ini lebih besar memberikan gaya torsi atau momen puntirnya terhadap
pengencangan atau pelepasan baut dan mur, hal ini karena soket selalu
dilengkapi dengan batang pemutar dan Ratchet.
KELENGKAPAN KUNCI
SOKET
Batang
Ratchet Universal dan batang
luncur Tee
Batang Sambung
Tangkai Bengkok
Tangkai Engkol
Kunci Tegangan
(Tension Wrench
Kunci tegangan
dikenal juga sebagai kunci momen.
Momen puntir
berada pada kisaran 1 sampai 2025 newtom meter
(Nm) dan diatur
dengan dudukan segi
empat. Dudukannya
dapat
berkisar dari 7
sampai 25 mm, misalnya, untuk dudukan penggerak
7 mm, rentang
momen puntirnya antara
1 sampai 20 Nm.
Kunci momen
digunakan untuk mengencangkan mur atau baut sesuai dengan momen puntir yang
ditetapkan
Menyetel Kunci
Tegangan
Menyetel kunci
momen sesuai kekuatan yang ditetapkan.
? mengendorkan
mur penyetel
? menggeser baji
penyetel sepanjang skala sampai indikator segaris dengan nilai pengencangan
yang diinginkan.
? mengencangkan
mur pengunci
KUNCI BUSI
Kunci busi
digunakan untuk melepas dan memasang
busi yang umumnya
dipasang pada posisi sulit
dijangkau oleh
kunci pas ataupun kunci ring.
Di samping itu
kunci busi dirancang khusus untuk tidak mendapat perlakuan momen pengencangan
yang terlalu
kuat, dengan cara mendisain tangkai
yang pendek
Kunci roda
Kunci roda harus
digunakan untuk melepaskan mur roda saat melepaskan atau memasang roda. Kunci
roda mempunyai soket- soket yang terpasang pada
ujung-ujung
lengan yang cocok untuk hampir semua kendaraan
5. Kunci yang
dapat distel (Adjustable Wrench)
Kunci inggris
(Adjustable Wrench) cocok digunakan bila anda tidak mempunyai kunci pas yang
sesuai untuk mur atau baut yang mungkin sudah aus atau berukuran terlalu kecil.
Anda jangan menggunakan alat ini sebagai pengganti kunci pas konvensional bila
kunci pas tersebut memang tersedia
Spesifikasi
Ukuran Kunci Inggeris
Rahang tetapnya
dibentuk 5 derajat terhadap gagang.
Gigi lurus
sebagai tempat rahang bebas di dalam gagang.
Pena pasak yang
dikartel memposisikan pengatur di dalam gagang sehingga pena tersebut terpasang
dengan gigi-gigi pada rack (gigi lurus).
Panjangnya kunci
ini dapat mulai dari 100 mm sampai 450 mm
PENGGUNAAN KUNCI
INGGRIS
A. Mengatur Kunci
Inggris
Aturlah kunci
inggris agar pas dengan mur atau bautnya. Kunci ini dipaskan dengan
menggerakkan mur yang dapat disetel sehingga rahang-rahangnya mencengkeram
dengan kuat.
B. Menggunakan
Kunci Inggris
Pasanglah kunci
pada mur sedemikian rupa sehingga daya tarik sepenuhnya berada pada
rahang-rahang yang
terkunci.
Tariklah kunci pas ke arah anda untuk melepas
mur.
CATATAN
Penggunaan Kunci
Inggris
* Benar :
* Salah :
6. Obeng ( Srcew
Driver)
Obeng ada dalam
satuan set dalam ukuran dan bentuk penggerak yang
berbeda. Panjang,
pendek, sangat pendek(buntung). Obeng
terdiri dari
batang yang terbuat dari baja keras berkualitas tinggi dengan satu mata pada
satu ujungnya dan gagang terbuat dari pelastik, dicetak pada batangnya
Macam macam obeng
Obeng standar
digunakan untuk melepas ataumengganti pengikat (fastener) seperti sekerup
pengetap sendiri dan baut-baut kotak, seperti juga halnya mencungkil cetakan,
badge, lis pintu
dan lain-lain.
Obeng pendek
(stubby) yang lebih kecil
mempunyai batang
pendek dan
digunakan pada
area dimana tidak diperlukan
gaya
penuasan
Obeng Plus
mempunyai mata berbentuk bintang, digunakan untuk melepas sekerup kepala plus.
Obeng jenis ini memungkinkan gaya puntir yang besar dan kecil kemungkinan
terjadi slip pada kepala sekerup
Penggunaan obeng
Obeng harus
benar-benar sejajar
dengan sumbu
sekrup untuk mencegah keruskan kepala sekrup. Ruang di atas sekrup akan
menentukan panjang tangkai maksimum obeng.
Bila ruang tidak
terbatas, sebaiknya gunakan obeng yang paling panjang. Apabila ruang terbatas,
mungkin harus menggunakan obeng berbentuk siku
Obeng Impact (
Obeng Ketrok)
Obeng impact
digunakan untuk melepaskan sekrup yang terpasang sangat kencang
Catatan:
Obeng impact
dapat dipakai untuk mengencangkan sekrup.
Palu dan obeng
ketok digunakan untuk mengendorkan sekrup
yang sangat
kencang.
Cara Menggunakan
obeng ktok
Cara menggunakan
obeng ketok adalah dengan memastikan mata obeng terpasang kuat pada baut/ mur
kemudian memasang hub dan pemegang, serta memukul pemegang obeng dengan
mendadak sehingga mata obeng akan berputar untuk mengencangkan atau membuka
baut.
7. Tang
Tang Kombinasi
Tang ini
merupakan tang yang sering kita jumpai, dan banyak sekali kegunaannya. Antara
lain dapat digunakan untuk menjepit, memuntir, mengupas, dan memotong kabel.
Ukurannya biasanya 6-7 inchi
Tang curut(tang
lancip)
Tang curut ini
bentuknya sesuai dengan tikus curut, yaitu jenis tikus yang moncongnya panjang
dan lancip. Tang ini juga berfungsi untuk menjepit, dan memudahkan untuk
menjangkau sela- sela sempit pada kendaraan.
Tang Multigrip (
Tang betet)
Tang ini mirip
dengan paruh burung, tang burung ini mempunyai daya cengkram yang kuat. Karena
pengungkitnya lebih panjang dan kepala langsung ke obyek. Untuk ukuran tersedia
dalam ukuran 8 inchi,10 dan 12 inchi
Bagian bagian
Tang Multigrip ( Tang betet)
Tang Snap Ring
(Circlip)
Tang ini dikenal
juga dengan nama tang spi, yaitu berfungsi untuk menarik bantalan kecil dan
sebagainya. Tang
ini ada 2 model
yang dibedakan berdsarkan ujungnya yaitu lurus dan bengok
Rahang bundar,
bergerigi tajam dan berbentuk tirus agar
pas pada lubang
lubang kecil di dalam circlip. Jenis ekternal dan internal konstruksi pada
titik tumpu gagangnya berbeda. Rahang dari jenis external bergerak ke luar pada
saat gagangnya ditekan bersamaan.
JENIS TANG SNAP
RING (CIRCLIP)
Jenis tang snap
ring Interna; (circlip)
Circlip jenis
internal, untuk melepas atau memasangnya kedua kaki snap-ringnya bergerak ke
arah dalam.
Menggunakan tang
snap ring Interna; (circlip)
Jenis tang snap
ring External; (circlip)
Jenis circlip
eksternal mengembang ke arah luar dengan sepasang snap-ring eksternal untuk
memasang atau melepas circlip
Menggunakan tang snap ring External; (circlip)
Tang potong
Tang ini
mempunyai mata pisau di sisi dalamnya. Tang ini berfungsi untuk memotong kabel
dan kawat
Jenis Slip Joint
Tang standar
bawaan mobil dan motor. Dimana biasanya menjadi bonus disaat mobil/motor
diterima. Fungsinya hampir sama dengan tang kombinasj, tetapi lebih sederhana
dari tang kombinasi
Satu gagangnya
mempunyai selot kecil dan gagang lainnya dikencangkan dengan pena tumpu. Rahang
dapat diatur pada salah satu dari dua posisi
Tang Multigrip
Sebuah gagangnya
memiliki selot yang diperpanjang takik dan gagang lainnya dikencangkan dengan
pena tumpu khusus.
Pena tumpu khusus
memungkinkan lebar bukaan rahang dapat disetel pada salah satu dari lima
posisi.
Cocok untuk
mencengkeram permukaan-permukaan yang lengkung
dan bulat atau
mencengkeram komponen-komponen kecil.
Tang Pegas Rem
Tang pegas rem
digunakan untuk melepaskan dan memasang kembali pegas pengembali sepatu rem
yang ada pada teromol rem.
Tang Rivet
Terdapat dua tipe
yaitu biasa dan fleksibel, kedua fungsinya sama yaitu untuk memasang paku
keeling. Untuk yang fleksibel dapat digunakan untuk bidang lurus maupun sudut
Tang Pengupas
Kabel
8. Kunci Allen (
Kunci L)
Kunci Allen
adalah sebuah kunci yang terbuat dari baja berdaya tekan tinggi berbentuk segi
enam (enam sisi) dan dibengkok 90 derajat membentuk batang berbentuk L.
Umumnya kunci
Allen satu set dengan ukuran mulai dari 1 mm sampai 9 mm. Ukuran kunci Allen
diukur sepanjang segi enamnya.
Kunci-kunci Allen
digunakan untuk
melepaskan dan
memasang
tutup-tutup Allen
atau sekrup set
Menggunakan Kunci
Allen
Sekrup set
mempunyai kepala segi enam dan memerlukan kunci
Elen untuk
melepas ataupun memasangnya.
Tempatkan sekrup
set pada posisi yang baik dan ukur jarak sisi
sejajar segi enam
dan pilih kunci elen
yang pas yang
tertera pada batang kunci.
Untuk sekrup yang
lokasinya jauh di dalam lubang, perkirakan
ukuran kunci elen
dan coba suaiannya
(kesesuaian
ukurannya).
Coba terus
beberapa kunci elen sampai diperoleh kunci yang tepat.
9. Pistol Udara (
Air Gun)
Pistol udara
digunakan untuk pekerjaan pembersih an dimana udara bertekanan diperlukan untuk
meniup permukaan untuk membuang debu, air dan sisa-sisa pengampelasan.
Pistol udara
mempunyai gagang pelastik dengan lubang penyemport logam. Tuas pada gagang
mengendalikan tekanan udara. Tidak ada udara yang mengalir sebelum tuas pemicu
ditekan
10. Dongkrak
lantai
Dongkrak lantai
adalah alat yang dioperasikan secara hidrolik yang dapat mengangkat barang yang
berat di dalam bengkel, karenanya dongkrak tersebut harus disimpan dengan baik
Hal Penting
Dongkrak lantai
mempunyai label daftar spesifikasinya seperti daftar berat
beban maksimum.
Jangan pernah mengangkat mobil yang melebihi kapasitas beban angkatnya.
Bagian bagian
Dongkrak lantai
CARA KERJA
DONGKRAK LANTAI
Prinsip kerja
dongkrak lantai: Posisi naik :
Pompa memasukkan
minyak ke bawah torak yang besar (d), ketika tuas (e) dengan sandaran untuk
kendaraan bergerak ke atas. Di atas saluran pompa ada katup pengaman kecil (f)
yang membuka berlawanan dengan pegas, bila kita terus-menerus memompa pada
kedudukan tertinggi.
Posisi turun :
Untuk menurunkan
torak (d) dan lengan angkat (e), dibukakan katup buang dengan engkol kecil (h),
sehingga minyak mengalir kembali dari silinder ke ruang persediaan. Tempat
persediaan minyak harus selalu terisi sesuai ukuran
Pemeriksaan
Dongkrak Untuk Pengamanan
Pengoperasian
Sebelum mengoperasikan
dongkrak lantai anda harus mengecek hal-hal berikut:
(a) Periksalah sistem hidrolik, pastikan tidak
ada kebocoran cairan.
(b) Apakah
dongkrak tersebut mampu mengangkat beban yang diinginkan.
(c) Sadelnya
berputar dengan bebas, dan bertahan pada posisinya pada waktu mendongkrak.
(d) Roda-rodanya berputar dengan bebas
Hal-Hal Penting
(a) Identifikasi
posisi pengangkat yang aman di bawah kendaraan pada waktu mendongkrak.
Mengangkat pada beberapa posisi dapat menyebabkan kerusakan pada wadah oli,
tangki radiator saluran- saluran oli dan bahan bakar.
(b) Jangan pernah
bekerja di bawah kendaraan yang diangkat tanpa
penahan yang aman
MENGGUNAKAN
DONGKRAK
PENGANGKATAN
Ada beberapa
posisi yang cocok untuk menempatkan dongkrak. yaitu:
(a) Main
suspension mounting points.
(b) Differential
housing. (c) Major chassis points.
Penggunaan
Dongkrak
(a) Lakukan
pemeriksaan keamanan terhadap dongkrak sebelum digunakan.
(b) Bila
memungkinkan, tempatkan kendaraan pada tempat yang datar.
Lakukan
langkah-langkah berikut terhadap semua kendaraan.
1. Pasang rem
tangan.
2. Taruh
transmisi ke persneling. Jika transmisi otomatis pada park.
3. Chock
roda-rodanya.
(c) Tempatkan
dongkrak pada posisi pengangkatan yang sesuai.
(d) Putarlah
pegangannya ke dalam dan pompalah, sampai sadelnya naik dan menyentuh dongkrak.
Periksalah bidang yang bersentuhan untuk memastikan sadelnya berada pada posisi
yang tepat. Bila ini telah pas maka naikkan kendaraan ke ketinggian yang
diinginkan.
(e) Pasang
penahan yang aman di bawah kendaraan pada tempat bearing beban yang sesuai
(f) Dengan
hati-hati putarlah ke luar pegangan dongkrak untuk menurunkan kendaraan sampai
berada pada Stand/Penahan yang aman
Menurunkan
Dongkrak
(a) Untuk
menurunkan dongkrak pertama-tama anda harus memompa pegangannya, sampai
kendaraan naik cukup tinggi untuk melepaskan penahan pengaman.
(b) Lepaskan
penahan.
(c)
Perlahan-lahan putarlah pegangan dongkrak ke arah luar dan
rendahkan
kendaraan ke tanah.
Keamanan
(a) Pastikan
dongkraknya mampu bekerja dengan baik. (b) Pastikan kendaraan distabilkan
sebelum didongkrak.
(c) Biarkan
pegangannya ke atas bila tidak memompa. Ini akan mencegah orang tersandung pada
pegangan tersebut.
(d) Tempatkan
penahan pengaman di bawah kendaraan sebelum bekerja.
Pemeliharaan
dongkrak
(a) Jagalah
dongkraknya bersih, bersihkan setiap oli atau gemuk, periksalah bila terdapat
kebocoran cairan, berikan cairan hidrolik sampai batas atas bila diperlukan.
Teteskan sedikit oli pada roda troli.
(b) Simpanlah
dongkrak pada lokasi yang aman di lantai
bengkel.
11. Safety Stand
(Stand)
Gunakan penahan
pengaman untuk menahan kendaraan pada waktu dinaikkan. Periksalah penahan
tersebut sebelum menggunakannya, periksalah bila terdapat keretakan di sekitar
sadel dan dasarnya. Pastikan pengatur ketinggian bekerja dengan bebas.
Hal Penting
Ketika Menggunakan Safety Stand
Pada waktu
memposisikan penahan pengaman pastikan sadelnya menempel pada permukaan datar,
jangan pada permukaan yang bersudut atau miring hal tersebut dapat menyebabkan
penahan miring pada waktu bebannya ditempatkan di atasnya.
Penggunaan
Penahan Pengaman
(a) Tempat
penahan pada lantai yang datar.
(b) Pada waktu
kendaraan dinaikkan, aturlah penahan pengaman pada ketinggian yang diinginkan
dengan menggunakan pengatur mur pengunci.
(c) Posisikan
penahan pengaman di bawah kerangka struktural atau tempat suspensi utama atau
differential housing, bukan di bawah pan lantai atau sill.
(d) Turunkan
dongkrak sehingga kendaraan berada pada penahan
pengaman
Bagian depan
kendaraan disangga dengan stand
Bagian belakang
kendaraan disangga dengan stand
Keamanan
(a) Jangan
menggunakan penahan pengaman yang rusak, sadel atau dasarnya retak.
(b) Pastikan tali
pengatur, atau jarum/pin bekerja dengan benar dan mengunci pada posisinya.
(c) Jangan
memanjat ke bawah kendaraan untuk menempatkan penahan pengaman. Selipkan
penahannya pada posisi yang diinginkan.
Pemeliharaan
(a) Jagalah agar
penahan tetap bersih.
(b) Lumasilah
post pengatur tali dengan sedikit oli.
(c) Simpanlah
penahan pengaman pada lokasi yang tepat di lantai bengkel, atau rak yang sesuai
12. Pry Bar
Sepotong baja
kuat berbentuk segi enam dengan salah satu ujungnya runcing dan pipih, bengkok
dan tajam dan berbentuk bilah di ujung
yang lainnya. Panjangnya alat serba guna ini umumnya 400 mm.
13. PENITIK
a) Penitik
Pelurus Jarumnya panjang dan berbentuk tirus dengan ujung yang tajam.
Panjangnya mulai dari
150 mm sampai 400
mm.
Sangat cocok
untuk memluruskan lubang-lubang pada
pasangan permukaan dari dua atau lebih komponen.
b) Penitik Pusat
Jarumnya
berbentuk tirus dan menajam pada ujungnya.
Digunakan untuk
membuat titik awal untuk pengeboran pada sepotong logam.
(c) Penitik Pena
Diameter jarumnya
sama besarnya dari badan ke ujungnya Mempunyai ujung yang datar.
Dua jenis penitik
pena yang ada adalah jenis yang pendek dan yang panjang.Digunakan untuk
melepaskan pena-pena yang lurus atau tirus yang telah ditekan ke dalam lubang yang menempatkan atau menahan
bagian komponen.
d) Penitik Awal
Jarumnya
berbentuk tirus dan ujungnya datar.
Digunakan untuk
mengendorkan awal
pasak atau pena.
14. DRIFT
Drift serbaguna
diameter pada ujung matanya bertingkat dan
badannya
dikartel. Drift digunakan dengan palu atau alat penekan
untuk melepaskan
bush- bush, pengarah katup dan selongsong atau untuk memasang bantalan,
seal dan
bush-bush
15. PUNCH
BERONGGA (PUNCH GULUNGAN)
Punch berongga
digunakan untuk membuat lubang di lembaran karet, plastik, lembut, sumbat
lembaran dan bahan-bahan paking.
16. PULLER
Macam Macam
Puller
a) Puller Terminal Baterai
Sebuah puller
terminal baterai terdiri dari: (1) Sebuah lengan silang
(2) Dua kaki
(3) Sekrup
penekan
(4) Plat pengunci
dengan
tekanan pegas
(5) Sebuah ujung
(6) Dua pena
tumpu
b) Puller
bantalan poros
Puller bantalan
poros tersedia dalam banyak ukuran. Puller tersebut termasuk dalam
satuan set puller
universalb) Puller bantalan poros.
Puller bantalan
poros tersedia dalam banyak ukuran. Puller tersebut termasuk dalam satuan set
puller universal
Puller bantalan
poros digunakan untuk melepaskan bantalan poros atau roda gigi yang telah
ditekan pada batang/porosnya
c) Puller Seal
Ukurannya
ditentukan oleh diameter luar.
Puller seal
tersedia dalam bentuk satuan atau set. Puller seal digunakan untuk melepaskan
seal dari
rumahnya bila
batang/poros
berada pada
tempatnya.
d) Puller Roda
Kemudi
Puller roda
kemudi dapat digunakan untuk melepaskan hampir semua roda kemudi
Perhatian:
Puller roda
kemudi tidak boleh dipukul dengan palu pada waktu dipasang karena pukulan
tersebut akan mematahkan batang dan tiang kemudi.
e) Pembuka Filter
Oli
Ukurannya
ditentukan oleh diameter dari filter yang akan dipasang. Ukuran
yang umum adalah
berdiameter 75 mm, 92 mm dan 114 mm. Pembersih filter oli digunakan untuk
melonggarkan spin (pemutar) pada jenis filter oli.
17. PENGEMBANG
UJUNG PIPA (FLARING TOOL)
Alat pengembang
pipa digunakan untuk mempembesar ujung pipa baja atau pipa aluminium.
Pengembang ganda umumnya digunakan pada aplikasi otomotif karena mempunya
tekanan kerja tinggi dan bergetar
Alat pengembang
pipa ganda dapat digunakan untuk membentuk bentuk cembung (bola) pada ujung
suatu pipa
18. PENGARAH
KOPLING
Alat pengarah
kopling digunakan untuk meluruskan hub pelat kopling dengan bos atau bantalan
spigot engine sehingga poros masukan transmisi dapat masuk (dipasang) dengan
mudah.
19. Kompresor
Ring Piston
Sebuah kompresor
ring piston jenisnya ada yang diameter tetap atau diameter bervariasi.
Diameter yang
bervariasi merupakan kompresor yang paling umum karena dapat digunakan pada
piston dengan berbagai ukuran diameter. Kompresor tersebut terdiri dari:
(a). Lembaran
baja
(b). Perangkat
ratchet
(c). Dua atau
lebih tali pengikat dari baja.
Ukuran Kompresor
yang popular dapat digunakan pada diameterdiameter piston mulai dari 50 mm
sampai 100 mm. Kompresor ring piston menahan ring piston pada alur sesuai
urut-urutan alurnya sehingga piston secara aman dimasukkan ke dalam lubang
silinder.
BAGIAN BAGIAN
PISTON RING KOMPRESOR
20. KIKIR
Barisan gigi
dengan arah diagonal dipotong sepanjang permukaan baja karbon atau baja
berkecepatan tinggi untuk membentuk kikir. Kikir yang mempunyai barisan gigi
tunggal merupakan kikir pemotong tunggal dan kikir yang mempunyai dua barisan
gigi yang memanjang ke ujung lainnya adalah kikir pemotong ganda.
.
Dari berbagai
jenis yang ada, kikir yang paling sering digunakan di otomotif adalah:
a) Kikir Pipih
Mempunyai pola
gigi pemotong ganda. Pada ujungnya sedikit agak tirus dan mempunyai gigi
pemotong pada kedua sisinya Jenis bastard, pemotong kedua dan yang halus
merupakan kikir yang paling umum digunakan.
Sangat cocok
untuk memotong cepat untuk meratakan permukaanpermukaan
2). Kikir
Setengah Bundar
Mempunyai
pola-pola gigi pemotong ganda. Pada ujungnya berbentuk sedikit agak tirus.
Salah satu
permukaannya datar dan permukaan lainnya cembung. Jenis yang umum adalah jenis
bastard yang digunakan untuk finishing secara kasar permukaan-permukaan yang berbentuk
cekung.
3). Kikir segi
empat (square)
Kikir segi empat
(square) , fungsinya membuat rata dan menyiku
antara bidang
satu dengan bidang lainnya
Sangat cocok
untuk penghalusan lubang-lubang yang diper
panjang untuk
alur-alur kunci
4) Kikir
Berbentuk Segi Tiga
Kikir Berbentuk
Segi Tiga (Kikir Berujung Segitiga) Mempunyai pola gigi pemotong ganda.
Sisi-sisinya
sampai keujungnya berbentuk agak tirus. Jenis yang umum adalah pemotong
ganda.Berguna untuk memperbaiki ulir-ulir, gigi-gigi atau pojokan-pojokan yang
rusak.
Catatan:
Dengan
perkecualian kikir kontak point, panjang kikir yang paling baik adalah antara
200 sampai 300 mm
CARA POSISI
MENGIKIR YANG BAIK DAN BENAR
a. Posisi Kaki
> Selama
mengikir, posisi berada di sebelah kiri ragum
dengan kaki tetap
pada tempatnya.
> Kedua lutut
harus dibentangkan, dan jarak antara kadua kaki disesuaikan dengan panjang
kikir.
> Sudut antara
poros ragum dan kaki kira-kira 30° untuk kaki kiri dan kurang lebih 75° untuk
kaki kanan
b. Gerakan Badan dan Lutut
> Badan
berdiri tegak pada posisi awal dan selanjutnya dicondongkan ke depan selama
gerakan pemotongan berlangsung.
> Kaki kanan
tetap lurus selama proses pengikiran dan lutut kiri dibengkokkan ke dalam.
Pandangan mata selalu tertuju pada benda kerja
c. Memegang Kikir
> Tangan kanan
memegang gagang kikir dengan teguh.
> Ujung gagang
di tekan dengan telapak tangan bagian
tengah.
> Ibu jari
terletak di atas dan jari-jari lainnya di bawah gagang.
> Tempatkan
telapak tangan dan ibu jari tangan kiri pada
ujung kikir.
> Jari-jari
lainnya terletak di luar ujung kikir tersebut, dengan keadaan rapat satu sama
lain dan melipat ke bawah, tetapi tidak menggenggam ujung kikir.
> Jika bekerja
dengan menggunakan kikir kecil, maka gagang kikir harus dipegang dengan
genggaman yang ringan dan
tekanannya cukup
dilakukan oleh jari-jari dan ibu jari saja
d. Tekanan Pada Kikir
> Tekanan yang
diberikan pada kikir tergantung pada ukuran kikir dan benda kerja.
> Pada saat
mulai mengikir, tekanan yang paling besar harus terdapat pada tangan kiri dan
tekanan yang ringan berada pada tangan kanan.
> Pada saat
kikir berada di tengah-tengah benda kerja yang dikikir, tekanan kedua tangan
harus sama besar.
> Jika posisi
kikir telah berada pada ujung langkah, tekanan tangan kiri harus diperingan dan
tekanan tangan kanan berada dalam keadaan maksimal.
> Pada saat
langkah ke belakang tidak ada penekanan sama sekali
Tidak ada komentar:
Posting Komentar